Aset Perbankan NTT Capai Rp44,7 Trilium

  • Whatsapp
Bagikan

KUPANG, JUBIR.id – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provnsi Nusa Tenggara Timur Robert Sianipar mengatakan, jumlah aset perbankan NTT mencapai Rp44,7 triliun. Secara tahunan (year on year) sampai dengan Juni 2021 sudah tumbuh sebesar 4,09 persen.

Robert Sianipar menyampaikan hal itu saat pertemuan triwulan III Tahun 2021 di Kantor OJK NTT, Kpw Bank Indonesia Provinsi NTT dan Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan NTT bersama Media pada Jumat (20/8/2021).

Bacaan Lainnya

“Kita bandingkan secara nasional memang rendah 8,5 persen. Sementara semester 1 tahun ini secara year to date (YtD) kita melihat pertumbuhannya lebih besar dibandingkan kenaikan secara nasional, kita tumbuh 4,81 persen, secara nasional 2,50 persen,” jelasnya.

Selanjutnya dia menjelaskan, dana pihak ketiga (DPK) juga menunjukkan peningkaan. Di mana jumlah penghimpunan DPK perbankan di NTT sudah mencapai sebesar Rp33,24 triliun.

Baca Juga:  Ikatan Pegawai OJK Serahkan 18 Hewan Qurban untuk Warga NTT

“Ini secara tahunan juga tumbuh 8,9 persen, lebih besar secara nasional. Ini sesuatu yang positif yang kita bisa apresiasi,” tambah Robert.

Selanjutnya Robert menjelaskan, pertumbuhan kredit di semester I tahun 2021 di NTT bertumbuh stabil. “Ya ini tentunya memang karena karakteristik kita masih 60 persen kredit konsumtif, sebagian besar kepada ASN. Ini tentunya debitur yang berpenghasilan tetap, mempunyai gaji sehingga stabil pertembuhan kreditnya. Jadi kalau kita lihat pertumbuhan kredit di Provinsi NTT ini secara tahunan tumbuh sebesar 8,49 persen. Jadi jumlah kreditnya sudah mencapai Rp36,18 triliun,” ujarnya.

“Memang kalau kita bandingkan perbankan nasional sudah Rp5.076 triliun. tapi kita sesuatu yang positif secara tahunan kreditnya bisa tumbuh 8,9 persen, dan semester I tahun ini mencapai 3,51 persen,” kata dia menambahkan.

Menurutnya, target pertumbuhan kredit NTT adalah sebesar 7 persen. “Jadi kita optimis bisa capai sampai akhir tahun 2021,” harapnya. (L. Ng. Mbuhang)

Pos terkait