Pemerintah NTT Raih Penghargaan ‘Innovative Government Award’

  • Whatsapp
Bagikan

KUPANG, JUBIR.id – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Karo Administrasi Setda Provnsi NTT Prisila Parera, dalam press release yang diterima redaksi JUBIR.id pada Sabtu (18/9/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Prisila Parera, Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) RI melalui Badan Litbang, menyelenggarakan kegiatan Indeks Inovasi Daerah atau Innovative Government Award (IGA). Kemendagri melakukan pengamatan, penelitian dan penilaian terhadap inovasi-inovasi di daerah se-Indonesia.

Kegiatan ini, kata dia, dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja daerah dalam mencapai tujuan otonomi daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan publik dan daya saing daerah.

Dikataknnya, Pemerintah Daerah (Pemda) NTT masuk urutan tiga dan kluster provinsi/kabupaten/Kota se Indonesia, Pemda NTT mendapat rangking 16 dari 548 provinsi / kabupaten / kota se-Indonesia.

“IGA ditetapkan dan diumumkan berdasarkan hasil inovasi-inovasi yang ada di daerah, yaitu terkait
pembangunan yang sudah, sedang dan yang akan dilaksanakan perlu kita tingkatkan dan kita tidak berpuas diri dengan hasil penilaian tersebut, oleh karena itu Bapak Gubernur mengajak seluruh komponen pelaku pembangunan dan masyarakat NTT untuk berkolaborasi menciptakan inovasi-inovasi baru,” kata Prisila

Baca Juga:  Tiga Warga Kota Kupang Terkonfirmasi Varian Deltha

“Hasil Pengumuman IGA, untuk Kluster Provinsi se-Indonesia, Pemda NTT meraih nomor Tiga terbaik se Indonesia dengan skor 86,44 dan Kluster Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pemda NTT mendapat rangking 16 dari 548 Provinsi/Kabupaten/Kota se Indonesia,” ungkap Prisila

Pencapaian ini, merupakan keberhasilan semua pelaku pembangunan di NTT, khususnya seluruh ASN di NTT sebagai aset terbesar di daerah ini. Skor dan peringkat pasca close aplikasi/sistem online IGA Kemendagri pada 17 September 2021.

“Hasil ini, kita berharap tetap meningkat berdasarkan hasil verifikasi tim Kemendagri dan Kementrian/Lembaga terkait karena proses verifikasi di Nasional masih berlangsung,” ungkapnya. (*)

Pos terkait