Pojok Baca Digital Bandara El Tari Kupang Diresmikan 

  • Whatsapp
Bagikan

KUPANG, JUBIR.id – Pojok Baca Digital (POCADI) di Lantai 2 Ruang Keberangkatan Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) diresmikan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi NTT Bernadeta M. Usboko mewakili Gubernur Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/11/2021).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi NTT Bernadeta M. Usboko dan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara El-Tari Kupang, I Nyoman Noer Rohim.

Bacaan Lainnya

Pojok Baca Digital Bandara El Tari Kupang yang terletak di Lantai 2 disediakan oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara El Tari Kupang bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur serta Perpustakaan Nasional.

Kegiatan yang berlangsung pukul 10.00 wita, hadir pula Kepala Dinas Operasi Pangkalan Udara TNI AU El Tari, General Manager Perum LPPNPI Cabang Kupang, Kepala Stasiun Meteorologi Bandara El Tari Kupang, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan NTT, Stefanus Ratoe Oedjoe, serta Stakeholder Bandara El Tari lainnya.

Baca Juga:  Desa terselatan Indonesia disulap jadi Kampung Merah Putih

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara El Tari Kupang, I Nyoman Noer Rohim mengatakan,  upaya peningkatan minat baca merupakan salah satu investasi penting untuk menciptakan generasi yang berwawasan luas. Masyarakat pengguna bandara bebas memanfaatkan POCADI saat menunggu keberangkatan pesawat, sehingga keberadaan POCADI dapat berfungsi dengan maksimal terutama bagi penumpang yang membawa anak-anak serta mampu menambah ilmu pengetahuan.

Bandara El Tari Kupang yang menjadi salah satu tempat terpilih untuk keberadaan POCADI tentunya telah didasarkan pada berbagai aspek serta kajian yang matang, diantaranya karena bandara merupakan salah satu tempat umum dimana masyarakat dari berbagai kalangan dapat menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia didalamnya. 

Penggunaan fasilitas POCADI pun mudah, cukup dengan mendaftar via email aktif kemudian pengguna akan menerima kode verifikasi yang selanjutnya akan digunakan untuk mengakses bacaan digital sepuasnya secara mandiri melalui komputer atau gadget yang telah dilengkapi dengan jaringan internet pada POCADI tersebut. 

Melalui POCADI, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara El Tari Kupang turut memberikan solusi kepada masyarakat untuk bersiap menghadapi tantangan teknologi yang tidak hanya menuntut manusia untuk pintar, namun juga harus mampu mempertahankan nilai-nilai sosial budaya luhur yang bisa saja pudar karena teknologi. Kehadiran POCADI diharapkan mampu meningkatkan literasi digital dan mencetak SDM unggul yang bermartabat, berbudaya, kreatif, serta inovatif.

Baca Juga:  Bandara El Tari Kupang Sediakan Layanan Tes PCR

Sementara itu, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi NTT Bernadeta M. Usboko, saat membacakan sambutan tertulis Gubernur NTT mengapresiasi penempatan Pojok Baca Digital di Lantai 2 Ruang Tunggu Keberangkatan Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur yang dilaksanakan atas kerja sama Perpustakaan Nasional dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan NTT dan PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang.

Kegiatan ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui membaca untuk peningkatan literasi. 

Selanjutnya, untuk mendorong peningkatan indeks literasi NTT, diperlukan kerja sama dengan sesama stakeholder, yakni akademisi, perguruan tinggi, sekolah, BUMN, BUMD, ppegiat literasi dan sebagainya yang akan peran aktif dalam mensosialisasikan aktivitas membaca di NTT, baik melalui warga, satuan pendidikan dan masyarakat. Sehingga tercipta sumber daya manusia yang cerdas,  kreatif, inovatif untuk mewujudkan masyarakat yang unggul, yang berkeadilan dan dapat diukur capaian kinerja bagi kesejateraan masyarakatn NTT. (L. Ng. Mbuhang) 

 

     

Pos terkait