SDN Papu Sumba Timur Belum Berlistrik

  • Whatsapp
Bagikan

WAINGAPU, JUBIR.id – Sekolah Dasar Negeri Papu, kelurahan Watumbaka, kecamatan Pandawai, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu sekoah yang hingga saat ini belum menikmati sambungan listrik dari PLN.

Untuk diketahui,  sekolah ini berada di pinggir Kota Waingapu, ibu kota kabupaten Sumba Timur. Dari Waingapu ke SDN Papu dapat menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 10 kilometer. 

Bacaan Lainnya

Yohanis K. Riwu, salah satu orang tua murid di SD Papu, saat ditemui media ini, Kamis (18/11/2021) mengatakan, sekolah ini belum dijangkau listrik. Bahkan sebagian wilayah kelurahan Watumbaka belum diterangi listrik. Sehingga anak-anak saat belajar malam terpaksa harus menggunakan lampu pelita atau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bagi yang punya akki.

“Kami berharap kepada PLN dan pemerintah kabupaten Sumba Timur memperhatikan sekolah kami agar memasang jaringan listrik,” kata Yohanis.

Baca Juga:  Desa terselatan Indonesia disulap jadi Kampung Merah Putih

Sementara itu, Kepala SD Negeri Papu, Yublina Sa, S.Pd.SD mengatakan, selama pandemi covid-19, mereka menerapkan BDR (belajar dari rumah), dimana semua siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan sistem luar jaringan (luring). 

“Sebenarnya, proses KBM bisa dilakukan secara luring maupun daring, tapi karena situasi dan kondisi di SDN Papu yang sampai saat ini belum ada jaringan listrik, maka kami buat titik kumpul siswa, dimana guru yang antar jemput tugas,” kata dia menambahkan.

Ia mengatakan, saat siswa mengikuti asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) selama beberapa hari, siswa harus menumpang di SMP Negeri 1 Pandawai. 

“Ada enam SD yang numpang ANBK di SMPN 1 Pandawai,” ujarnya.

Menurutnya, tokoh masyarakat bersama RT/RW setempat dan sekolah sudah menandatangani proposal permohonan pemasangan jaringan listrik di SDN Papu, namun sampai dengan saat ini belum dijawab. (L. Ng. Mbuhang)

 

 

Pos terkait