Demokrat NTT Resmi Buka Pendaftaran Bacaleg, Terbuka untuk Kader dan Non Kader

  • Whatsapp
Bagikan

KUPANG, JUBIR.id – Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Partai Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur secara resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Demokrat terhitung mulai Senin (1/8/2022) hingga Minggu (14/8/2022).

Persyaratan umum yang harus dipenuhi bakal caleg Partai Demokrat adalah harus memiliki KTP WNI, ijazah minimal SMA, surat keterangan bebas hukum dan keterangan bebas narkoba. 

Bacaan Lainnya

Sedangkan persyaratan lainnya akan dilengkapi setelah resmi terdaftar. Para bacaleg yang sudah terdaftar akan diproses lebih lanjut sesuai mekanisme internal dan tiba waktunya akan diumumkan secara resmi oleh DPD Partai Demokrat Provinsi NTT

Mekanisme yang sama akan dilakukan oleh Bappilu di tingkat DPC untuk penjaringan bakal caleg Partai Demokrat di setiap kabupaten.

Hal ini disampaikan Sekretaris Bappilu DPD Partai Demokrat Provinsi NTT Adrianus Oswin Goleng, dalam siaran pers yang diterima media ini, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga:  Apresiasi Rencana Aksi Penurunan Stunting, Gubernur Minta Bupati/Walikota Kerja Secara Luar Biasa

“Kami tentu berharap kesempatan ini dapat dimanfaat dengan baik. Partai Demokrat memberi ruang terbuka kepada seluruh kader maupun non kader untuk turut ambil bagian sebagai kontestan dalam persiapan menyambut pesta rakyat pada pemilu 2024. Siapapun yang berminat untuk mendaftarkan diri menjadi bacaleg dari Partai Demokrat dapat menghubungi nomor HP 082144774490 dan 082247328188 atau bisa langsung ke Kantor DPD Partai Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur di Jalan Hati Mulia, Nomor 2, Oebobo, Kota Kupang setiap hari pada jam kerja,” ungkap Oswin Goleng.

Menurut mantan Ketua PMKRI Kupang ini, hal tersebut sesuai komitmen Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan arahan Bappilu pusat bahwa Partai Demokrat harus menjadi rumah bersama, rumah rakyat NTT. 

“Oleh karena itu siapapun yang hendak bergabung dan mendaftarkan diri entah sebagai kader, simpatisan, maupun bacaleg, kami pastikan rumah Demokrat terbuka dan menerima dengan senang hati kami menerima setiap orang yang datang,” tandasnya.

Oswin Goleng mengemukakan alasan mengapa DPD Partai Demokrat NTT membuka pendaftaran bacaleg lebih awal, yaitu untuk memastikan kesiapan dan  kematangan caleg dalam mengikuti Pemilu 2024. 

Baca Juga:  Selasa, "Fit and Proper Test" Calon Ketua DPC Demokrat Se-NTT

“Kesiapan caleg yang dimaksud adalah lebih awal memperkenalkan diri dan mensosialisasikan program partai dari pusat hingga ke akar rumput  sebagaimana tertuang dalam platform perjuangan Partai Demokrat dengan satu tarikan nafas bersama Ketua DPD Partai Demokrat Leonardus Lelo yang berkomitmen bahwa harapan rakyat merupakan perjuangan Demokrat.

“Ini menjadi prinsip dan sudah dibuktikan Demokrat dengan posisinya di parlemen saat ini. Dengan memperkenal diri lebih awal, masyarakat akan lebih mudah memahami peran partai politik lebih khusus Partai Demokrat dan memiliki cukup referensi untuk menentukan pilihan pada pemilu mendatang,” ucap dia.

“Selain itu Partai Demokrat NTT juga akan mendorong para caleg untuk terlibat  aktif membantu masyarakat yang saat ini belum pulih secara maksimal akibat terdampak Covid-19 melalui program-program internal partai yang sudah disiapkan,” tutup Ketua Bintang Muda Indonesia (BMI) Provinsi NTT ini. (*)

Pos terkait