Beralih ke Energi Bersih, PLN Bangun Alma dan SPLU di Kawasan DPDP Labuan Bajo

  • Whatsapp
Bagikan

KUPANG, JUBIR.id – Kapal Badak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, menjadi Pelanggan Pertama ALMA Waterfront; dan Kini SPLU Motor Station Terpasang di Labuan Square.

Sejalan dengan semangat transisi energi bersih, seusai meresmikan Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) pertama di Nusa Tenggara Timur (NTT) beroperasi di Maumere, kali ini ALMA dioperasikan di Labuan Bajo oleh PT PLN (Persero) UP3 Flores Bagian Barat untuk melayani kapal – kapal yang sandar di Dermaga Waterfront.

Bacaan Lainnya

Electrifying Marine saat ini menjadi salah satu program PLN membantu kapal – kapal untuk mengurangi pemakaian generator yang mana menggunakan bahan bakar minyak solar.

PLN mengoperasikan ALMA dengan daya 23 Kilo Volt Ampere dipasang di Dermaga Waterfront atas dukungan dari Kepala KSOP, Hasan Sadilu. 

Dengan adanya ALMA di Dermaga Waterfront, diharapkan dapat memudahkan kapal yang sandar untuk mendapatkan fasilitas listrik dengan mudah, dan tidak harus menggunakan generator untuk kegiatan di kapal yang menggunakan listrik seperti menyalakan Air Conditioner (AC), Televisi, Lampu dan bahkan untuk kebutuhan pompa air.

Baca Juga:  Posko Penanggulangan Bencana NTT Sediakan Rapit Tes Antigen bagi Relawan

“Jika memungkinkan, mengharapkan ALMA ini segera ditambah lagi di Water Front karena begitu banyak yang menginginkan layanan ini, karena jika hanya satu ALMA dirasa tidak akan mengakomodir kebutuhan kapal lainnya”, ujarnya.

Pelanggan pertama ALMA Waterfront saat dioperasikan adalah Kapal Badak, milik Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan. 

Kapten Kapal Badak Heri, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, karena dengan adanya ALMA ini dapat menghemat biaya operasional kapal yang dirasa sangat mahal.

Pada saat yang sama hadir juga Kepala Bagian Keuangan, Kepegawaian, Organisasi & Tata Laksana GAKKUM Kementerian KLHK Suwarti mengapresiasi kemudahan yang diberikan oleh PLN

“Terima kasih kepada PLN yang sudah memberikan bantuan untuk operasional kapal kami dengan ALMA, sarana ini sangat bermanfaat bagi kami, karena dengan adanya ALMA ini bisa menekan biaya operasional karena selama ini kami gunakan bahan bakar minyak. Mudah – mudahan sarana ALMA ini selain untuk kapal kami, bisa juga bermanfaat bagi kapal – kapal lainnya di pelabuhan Waterfront. Satu lagi, semoga dengan adanya ALMA ini dapat menekan penggunaan BBM sehingga dapat menurunkan emisi. Sekali lagi terima kasih PLN”, kata Saraswati, di Labuan Bajo, Jumat, 23 Desember 2022.

Baca Juga:  Mobil Listrik Pertama di NTT Hadir di Labuan Bajo

Manager PLN UP3 FBB Saut Pandjaitan yang diwakili Godgrant H. Letik selaku Manager Pemasaran & Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Flores Bagian Barat yang hadir bersama Manager ULP Labuan Bajo, R.M. Ridwan saat pengoperasian ALMA, menyampaikan “ALMA ini adalah fasilitas umum yang dapat dipakai oleh semua kapal yang bersandar di dermaga water front agar dapat dijaga dan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhannya. Semoga kedepan PLN bisa menambah lagi ALMA di dermaga Water Front dan  memohon dukungan dari pihak KSOP sebagai pengelola dermaga Water Front.

Disamping itu, PLN terus berupaya mendorong Program Electrifying Lifestyle di Labuan Bajo dengan menambah Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Pusat Perbelanjaan Labuan Square. SPLU ini terpasang atas kolaborasi bersama antara PLN dan Labuan Square yang diresmikan pada Kamis, 22 Desember 2022 yang lalu.

Komitmen bersama antara PLN dan Labuan Square sejak beberapa waktu lalu dalam menetapkan isu sustainable atau berkelanjutan baru dapat terealisasi saat ini.

Manager Labuan Square, Suci Maria mengaku senang dengan kolaborasi ini, “Saat itu PLN menemui kami dan membahas agenda ini dan kami sangat senang dan mendukungnya sehingga kami memberikan lahan di Labuan Square untuk dibangun SPLU ini”. Ucapnya.

Baca Juga:  Peringati Hari Raya Waisak, Wali Kota Jeriko Ajak Pererat Tali Persaudaraan

Godgrant Letik berharap SPLU ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kebutuhan umum. Jika di Labuan Square sudah ada NOA sebagai penyedia sewa menyewa kendaraan listrik, bisa juga digunakan untuk fasilitas umum lainnya dan hadirnya SPLU adalah salah satu bentuk dukungan PLN dalam upaya mendukung green energy dalam electrifying lifestyle,” ujar Godgrant Letik.

Pada saat peresmian SPLU Motor Station di Labuan Square turut hadir Manager ULP Labuan Bajo, Bapak R.M. Ridwan, Team Leader Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan UP3 FBB, Bapak Fariz Maraghi, Team Leader Pelayanan Pelanggan ULP Labuan Bajo, Bapak Muhamad Rizanjani, serta Team Leader Har Meter Transaksi Energi Didik Mardiansyah. (*)

Pos terkait